Pengalaman Mempercepat Loading Website Lambat di HP

Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya yang merasakan website saya sepertinya sangat lambat jika dibuka melalui browser hp, pengalaman saya yang ingin mencari cara mempercepat loading website lambat di hp, yang akhirnya membawa saya berkenalan dengan sebuah tools dari google untuk mengukur kecepatan loading sebuah website yang bernama Google Pagespeed Insight.

Ceritanya bermula saat malam kemarin saya sedang melanjutkan proses belajar saya di SB1M dalam proses membuat website sebagai assets berharga saya di masa depan.

Sewaktu saya mencoba untuk membuka website saya tersebut, di laptop saya website saya loadingnya normal dan dapat terbuka dengan baik kurang dari 3 detik.

Namun saat saya mencoba membukanya melalui browser hp android saya, ternyata website saya sangat lambat bahkan terkadang tidak bisa dibuka.

Dengan rasa penasaran saya mulai berpikir untuk mencari kenapa website saya sangat lambat di buka di hp saya, bagaimana cara mempercepat loading website lambat di hp.

Saya coba searching mbah google untuk mencari pendapat mastah-mastah mengenai hal ini, namun hal tersebut tidak saya temukan !

Yang ada bagaimana mempercepat loading website di PC, mempercepat loading website anda, atau bagaimana mempercepat hp android anda, bagaimana mempercepat loading hp anda, dsb.

Saya mulai berpikir jangan-jangan theme yang saya pakai cukup berat untuk dibuka di hp.

Saya mulai membuka-buka lagi tutorial SB1M yang mengajarkan mengenai hal ini, dan mencoba mengganti-ganti theme yang saya pikir akan membuat loading website saya di hp android saya akan lebih cepat.

Berbagai theme saya gunakan , tetap saja website saya terasa lambat bahkan tidak terbuka di hp saya.

Akhirnya kembali saya menghubungi Ninja Support Dewaweb untuk minta bantuan mengenai hal ini (untung saya menggunakan hosting dewaweb dengan Ninja Supportnya yang luar biasa).

Tidak perlu menunggu lama, langsung ada personil Ninja Support dewaweb yang menangani keluhan yang saya sampaikan.

Namun yang membuat saya bingung, ternyata staff dewaweb yang chat dengan saya mengatakan bahwa website saya bisa terbuka dengan baik di hp dia, bahkan dia juga minta temannya untuk membuka website saya di hp milik temannya.

Hasilnya sama, di hp mereka website saya bisa terbuka dengan baik dengan respon time yang cukup cepat.

Saya diberikan link untuk mengecek status server dewaweb, dan dari link tersebut saya bisa memastikan bahwa server dewaweb tidak ada masalah.

Berarti masalah bukan ada di dewaweb namun bisa di seting website saya, atau koneksi saya.

Saya menggunakan koneksi XL 4G LTE yang dishare dari hp saya ke laptop saya.

Yang membuat saya bertambah bingung, dengan menggunakan koneksi yang sama jika saya buka melalui laptop saya, kembali website saya bisa terbuka dengan baik dengan respon time tidak mencapai 3 detik bahkan dibawah 2 detik.

Tapi tetap saja jika saya mencoba buka kembali melalui hp saya responnya sangat-sangat lambat, bahkan beberapa kali tidak bisa terbuka.

Hal ini membuat saya agak sedikit penasaran karena kecepatan loading sebuah website adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam mempengaruhi ranking website kita di mata google, bahkan di mata pengunjung kita.

Jika loading website kita lambat bisa dipastikan pengunjung akan segera menutup website kita dan pindah ke website lain yang sejenis.

Saat ini sudah terjadi pergeseran kebiasaan, jika sebelumnya lebih banyak pengguna internet yang browsing menggunakan laptop/pc maka saat ini sudah lebih banyak pengguna internet yang melakukan kegiatan surfing di internetnya menggunakan perangkat hp atau tablet.

Apa jadinya jika ternyata website yang sudah susah payah saya buat ternyata tidak bisa dibuka melalui hp atau tablet.

Melalui tutorial yang saya ketahui dari SB1M ternyata ada sebuah tools yang bisa kita gunakan untuk mengukur kecepatan loading website kita yaitu Google Pagespeed Insight.

Langsung dan tanpa basa-basi saya gunakan tools tersebut untuk mengecek website saya.

Inilah hasil analisa yang saya dapat dari Google Pagespeed Insight sebagai berikut :

A. Nilai untuk loading di perangkat mobile mendapat nilai 72/100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. Adapun nilai yang saya dapat untuk loading website di Desktop adalah sebagai berikut :

 

Jika melihat skor yang tertera maka seharusnya website saya tidak ada masalah.

Apalagi dengan keterangan yang saya dapat dari staff Ninja Support dewaweb mengatakan bahwa website saya tidak ada masalah dibuka di hp mereka, maka sebenarnya memang hanya di hp saya yang bermasalah.

Setelah mengetahui hal tersebut maka ada beberapa hal yang saya lakukan , saya merestart hp saya, kemudian saya melakukan clear cache pada browser hp saya, ternyata hal itu tidak cukup membantu.

Akhirnya saya mengetahui bahwa sekarang Google ada mengeluarkan fitur yang disebut AMP (Accelerate Mobile Pages).

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa AMP ini dikeluarkan Google untuk meningkatkan kecepatan loading sebuah website di perangkat mobile.

Biasanya website yang mengaktifkan fitur AMP ini akan ditandai dengan tanda petir jika kita search di google, dimana dengan AMP ini sebuah website akan dibuka 4x lebih cepat dan 10x lebih hemat data di perangkat mobile.

Mengetahui adanya fitur tersebut maka saya segera mencoba mengaktifkannya.

Caranya dengan memasang plugins AMP ini di wordpress saya.

Setelah dipasang fitur AMP ini maka benar saja loading website jadi terasa lebih ringan, namun tetap saja di hp saya tidak bisa dibuka.

Akhirnya saya diamkan saja masalah ini, toh pikir saya jika dibuka oleh orang lain tidak masalah.

Keesokan harinya saya mencoba membuka kembali website saya menggunakan hp, dan ternyata hasilnya BISA TERBUKA DENGAN BAIK , hahaha….saya juga tidak mengerti apa yang menyebabkan semalam website saya tidak bisa dibuka melalui hp, padahal diwaktu yang sama jika saya buka melalui laptop tidak ada masalah.

Jadi bukan karena koneksi saya yang bermasalah, tapi ah sudahlah yang penting hingga saat ini sudah tidak ada masalah lagi jadi saya juga tidak terlalu mempermasalahkannya lagi.

Namun banyak pelajaran dan ilmu baru yang saya dapat melalui kejadian ini seperti yang saya tuangkan melalui tulisan ini.

 

 

 

Pengalaman Belajar Di Kelas SB1M Online Dengan Aplikasi Zoom
Pengalaman Hosting Dewaweb
Yuk bagikan artikel ini

One thought on “Pengalaman Mempercepat Loading Website Lambat di HP

  1. saya juga mengalami hal yang sama gan, sekitar satu bulan yang lalu, saya coba ukur kecepatan salah satu website saya di yaitu vinyl lantai rumah sakit.com saya dapatkan skornya untuk android ( 75/100) sementara pada desktop ( 98/100), tapi begitu saya coba buka di hp dan laptop tetap saja berat, saya ngak tau masalahnya di mana.
    mudah2an saja masalahnya ada di hp dan laptop saya seperti yang agan alami.

Tinggalkan Balasan