Mencari Lowongan Kerja Dengan Google Ternyata Sangat Mudah

Mencari lowongan kerja mungkin banyak dilakukan oleh rekan-rekan semua akhir-akhir ini.

Apalagi di masa pandemi dengan kemungkinan resesi Indonesia yang akan menyebabkan gelombang PHK, tentu persiapan mencari lowongan kerja akan sangat dibutuhkan.

Artikel ini sengaja dituliskan untuk membantu rekan-rekan yang ingin mencari lowongan kerja yang sesuai dengan minatnya.

Mencari Lowongan Kerja Jangan Kaku

Mungkin banyak dari para pencari lowongan kerja yang terpaku hanya pada satu metode saja.

Contoh yang paling sering kita dengar adalah, cari saja di Jobstreet.

Betul memang Jobstreet menyediakan banyak sekali lowongan kerja serta memberikan kenyamanan untuk kita mencari lowongan kerja yang sesuai.

Mereka terus mengembangkan websitenya guna memberikan kenyamanan lebih, seperti menyediakan filter berdasarkan lokasi, besaran gaji minimal, bidang pekerjaan yang diminati, dll.

Namun menurut saya akan sayang sekali kalau kita hanya terpaku pada satu situs penyedia lowongan pekerjaan saja.

Kita bisa kehilangan kesempatan karena tidak mengetahui bahwa ternyata pekerjaan yang kita inginkan ada di situs penyedia lowongan kerja lainnya.

Lalu Apa Kita Harus Mendaftar Di Seluruh Situs Penyedia Lowongan Kerja ?

Jumlah situs seperti itu ada banyak sekali , bahkan mungkin ribuan tentu tidak mungkin jika kita harus melihatnya satu persatu.

Belum lagi jika kita menginginkan pekerjaan yang cukup spesifik dengan syarat-syarat minimal yang kita tetapkan untuk diri sendiri.

Misalnya lokasi yang terdekat, contoh saja : kota A.

Maka tidak semua situs lowongan kerja menyediakan informasi untuk hal tersebut.

Padahal mungkin saja ternyata ada lowongan kerja dekat kota A tersebut yang tidak kita ketahui karena berada di situs lain.

Lalu Bagaimana Caranya ?

Caranya adalah : GUNAKAN GOOGLE !

Mungkin beberapa akan tertawa membaca kalimat tersebut di atas.

Yahh ternyata triknya hanya menggunakan Google.

Tapi jangan salah, banyak orang yang tidak menyadari bahwa saat ini mencari lowongan pekerjaan bisa dilakukan dengan “hanya” menggunakan Google.

Ya , saya sendiri baru menyadari bahwa ternyata akhir-akhir ini Google memberikan perhatian khusus mengenai query / pencarian dengan kata kunci “lowongan kerja”.

Keuntungan Mencari Pekerjaan Menggunakan Google

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan saat kita mencari lowongan pekerjaan menggunakan Google.

Keuntungan tersebut antara lain :

  • Kita bisa menemukan lowongan pekerjaan yang kita inginkan dari SELURUH situs penyedia lowongan pekerjaan yang ditemukan oleh Googlebot (robot peramban Google).
  • Kita tidak perlu mendaftar ke semua situs penyedia lowongan pekerjaan secara sekaligus, cukup hanya situs yang di dalamnya terdapat pekerjaan yang kita minati saja.
  • Jika dalam sehari kita mendaftar beberapa situs, secara tidak sadar lama-kelamaan kita akan mendaftar di semua situs lowongan penyedia pekerjaan. Oleh karena itu setiap mendaftar di 1 situs sebaiknya simpan dalam buku catatan data-data login di situs tersebut.
  • Fasilitas yang disediakan Google tidak kalah lengkapnya dengan situs penyedia pekerjaan. Misalnya : lokasi terdekat, bahkan Google menyediakan pilihan untuk kita mencari lowongan pekerjaan dalam jarak km tertentu dari jarak rumah kita/lokasi kita.
  • Dengan mencari lewat Google biasanya kita sudah disediakan peta lokasi perusahaan yang ingin kita lamar dalam bentuk peta Google (Google Map) lengkap dengan rute dan jarak tempuhnya.
  • Pada hasil pencarian, Google memberikan data yang sangat lengkap mengenai perusahaan yang akan kita lamar tersebut (apabila informasinya tersedia). Seperti misalnya : website perusahaan, lowongan lain yang tersedia, foto-foto yang tersedia di internet mengenai perusahaan tersebut, dsb.

Mungkin ada beberapa keuntungan lain yang tidak disebutkan di atas, namun silahkan anda temukan sendiri keuntungan mencari pekerjaan menggunakan Google.

Kelemahannya

Selain keuntungan tentu ada beberapa kelemahan dibandingkan dengan mencari pekerjaan melalui satu situs penyedia lowongan pekerjaan.

Beberapa kelemahan tersebut antara lain :

  • Tidak seperti situs penyedia pekerjaan , kita tidak akan mendapatkan email notifikasi apabila ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang kita cari, misalnya email dari Jobstreet.
  • Biasanya kita harus mencari sendiri informasi dan review mengenai perusahaan yang kita minati,sementara kalau dari Jobstreet biasanya tersedia review karyawan atau mantan karyawan perusahaan tersebut.
  • Kita akan cukup kesulitan memantau hasil lamaran kita, misalnya berapa saingan kita, seperti apa progress lamaran kita, dsb.

Itu kekurangan-kekurangan yang mungkin akan dirasakan oleh rekan-rekan.

Namun kabar baiknya kekurangan-kekurangan tersebut bisa diatasi dengan fasilitas yang disediakan oleh Google sendiri (akan kita bahas nanti).

Langkah-Langkah Mencari Lowongan Kerja Melalui Google

  1. Masuk Google.co.id, pastikan masuknya ke google.co.id, ini hanya untuk berjaga saja karena saat ini Google sudah memberikan hasil pencarian berdasarkan lokasi, namun tidak ada salahnya untuk akurasi.
  1. Ketikkan kata kunci yang anda inginkan, misalkan anda ingin mencari lowongan kerja di bidang accounting manager maka silahkan ketik “Lowongan kerja accounting manager”
cara mencari lowongan kerja dengan Google
  1. Dari hasil yang keluar klik “snippets” lowongan pekerjaan yang diberikan Google untuk menampilkan SEMUA lowongan kerja yang berkaitan dengan kata kunci yang kita ketikkan.
saat ini Google sudah memberikan snippets khusus untuk pencarian kata kunci lowongan kerja

Saat kita klik “more jobs’ maka kita akan diberikan listing seluruh lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kata kunci pencarian kita.

Gunakan Filter Untuk Mencari Lowongan Yang Kita Inginkan

Dari seluruh listing lowongan pekerjaan yang ditampilkan kita bisa menyaring lowongan-lowongan pekerjaan agar sesuai dengan yang kita inginkan.

Caranya adalah dengan menggunakan fitur Filter yang disediakan oleh Google.

Filter yang disediakan bisa dilihat pada contoh gambar di bawah, untuk Panah No.1 saya mencari lowongan kerja Manager Accounting.

Dari listing hasil yang di dapat saya dapat menyaringnya menggunakan filter yang tersedia (Panah No.2)

fitur filter yang disediakan Google untuk pencarian lowongan kerja

Dari gambar tersebut dapat kita lihat bahwa Filter yang disediakan cukup lengkap bukan?

Supaya lebih jelas mari kita lihat secara lebih mendetail satu persatu filter apa saja yang bisa kita gunakan

Filter Berdasarkan Title

Pada filter ini kita diberikan saran mengenai jenis-jenis kata kunci pencarian yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang mirip-mirip dengan kata kunci yang kita ketikkan.

cara mencari lowongan kerja berdasarkan jabatan

Untuk contoh kita tadi, saat saya mengetikkan kata kunci “Lowongan Manager Accounting”, maka Google memberikan beberapa saran.

Beberapa saran yang diberikan antara lain Finance Manager, Asistant Manager, Tax Manager, Accounting Staff.

Filter Berdasarkan Lokasi

Salah satu filter yang sangat berguna saat kita mencari lowongan kerja menggunakan Google adalah filter berdasarkan lokasi.

Setiap orang tentu mendambakan mendapatkan pekerjaan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi tempat tinggalnya.

Apalagi dengan keadaan kota-kota besar Indonesia yang seringkali macet di jam-jam sibuk membuat banyak orang yang mulai enggan bekerja di lokasi yang jaraknya jauh.

Belum lagi pertimbangan biaya transportasi yang tentunya akan lebih besar membuat banyak orang berpikir ulang jika mendapatkan lowongan kerja yang jauh dari tempat tinggalnya.

Dengan filter lokasi ini kita bisa memilih berapa jumlah maksimal jarak yang masih bisa kita tolerir.

cara mencari lowongan kerja berdasarkan lokasi

Dari gambar di atas jika kita klik filter berdasarkan lokasi maka Google menyediakan jarak mulai dari 2km, 10km, 25km, 50km, 100km, 300km dan dimana saja.

Namun tentu tidak semua pilihan menyediakan lowongan kerja.

Jika dengan jarak terdekat kita tidak menemukan lowongan kerja, maka kita bisa menambah jumlah jaraknya.

Filter Berdasarkan Tanggal Lowongan Kerja Dibuka

Filter lainnya lagi yang disediakan oleh Google adalah Filter by date period, yaitu rentang waktu lowongan kerja tersebut dimasukkan/diupload di internet.

Hal ini akan berguna untuk kita bisa mengetahui mana lowongan kerja terbaru dari kata kunci pencarian yang kita masukkan.

filter berdasarkan lowongan kerja tersebut diupload

Pilihan yang diberikan adalah kemarin, maksimal 3 hari ke belakang, maksimal seminggu yang lalu, maksimal sebulan yang lalu.

Filter Berdasarkan Tipe

Ini mungkin merupakan sebuah filter tambahan yang berguna bagi anda yang ingin mencari pekerjaan sampingan (part time).

Namun untuk wilayah Indonesia pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan sistem part time jumlahnya sangat sedikit.

Setiap perusahaan tentu ingin mencari kandidat terbaik yang bisa bekerja full time di dalam perusahaannya.

filter berdasarkan tipe lowongan kerja

Saat saya klik filter ini, benar saja saya tidak menemukan perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan secara part time.

Atau mungkin memang saya yang belum menemukannya, entahlah.

Namun saat saya mencari lowongan kerja dengan sistem internship (magang) ternyata ada beberapa perusahaan yang membuka lowongan dengan sistem tersebut.

Ini mungkin bisa berguna bagi mahasiswa atau pelajar yang ingin melakukan praktek kerja (magang) di perusahaan-perusahaan.

Filter Berdasarkan Tipe/Jenis Perusahaan

Ada kalanya kita mempunyai keinginan untuk mencari lowongan pekerjaan berdasarkan tipe/bidang perusahaan yang kita sukai.

Dengan filter yang disediakan Google ini, hal tersebut bisa kita lakukan.

filter berdasarkan bidang atau jenis perusahaan

Lihat gambar di atas, untuk contoh kata kunci lowongan manager accounting, ada beberapa tipe perusahaan yang dimunculkan Google sebagai saran.

Ada jenis perusahaan konsultan, manufaktur, lembaga keuangan, bidang retail, logistik, dsb.

Kita bisa memilih lowongan pekerjaan berdasarkan jenis perusahaan yang kita sukai.

Namun sekali lagi , tentu tidak semua bidang menyediakan lowongan kerja yang kita inginkan.

Bisa saja untuk beberapa jenis kita tidak menemukan lowongan satupun.

Filter Berdasarkan Nama Perusahaan

Ini juga merupakan sebuah filter yang menurut saya sangat-sangat berguna.

Karena dengan filter ini kita bisa memilih berdasarkan nama perusahaan.

Tentu setiap orang ingin bekerja di perusahaan yang sudah punya nama besar, sistem yang jelas dengan fasilitas yang memadai.

Dengan saran nama-nama perusahan besar yang di sarankan Google kita bisa memilih salah satu dari perusahaan-perusahaan tersebut.

filter berdasarkan nama perusahaan

Perlu diperhatikan juga, bahwa dalam nama-nama tersebut terlihat ada beberapa nama ‘Head Hunter’ yang masuk.

Hal ini tergantung keputusan kita juga apakah kita ingin memberikan lamaran kita kepada perusahaan jasa Head Hunter tersebut atau tidak.

Karena biasanya sebuah Head Hunter tentu akan menyalurkan lamaran yang dianggap memenuhi syarat yang dicari ke perusahaan-perusahaan yang menjadi kliennya.

Penjelasan Bagian-Bagian Listing Lowongan Kerja Dari Google

Ini adalah tampilan yang diberikan Google apabila kita melakukan klik pada salah satu lowongan kerja yang ada.

tampilan listingan lowongan pekerjaan

Contoh di atas dimisalkan saya klik di salah satu lowongan kerja (lihat panah no.1) maka di sebelah kanannya akan ditampilkan sangat detail mengenai lowongan kerja tersebut.

Panah no.2 menjelaskan dimana lowongan kerja tersebut diposting, sehingga jika kita berminat melamarnya kita bisa mendaftar di situs tersebut.

Panah No.3 memberikan keterangan singkat mengenai perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut.

Dari panah No.4 kita bisa melihat bahwa Google bahkan memberikan rute jarak dari lokasi kita ke perusahaan tersebut (hal itu jika kita mengijinkan Google mengakses lokasi kita).

Panah No.5 memberikan ringkasan mengenai data lowongan kerja tersebut.

Dari gambar di bawah kita bisa melihat lebih detail mengenai jarak tempuh dari lokasi kita ke perusahaan yang akan kita lamar

penjelasan detail mengenai pekerjaan yang kita klik

Jika kita klik panah kecil yang saya tunjukkan dengan kotak merah di gambar di atas, maka akan ditampilkan Google Map detail mengenai rute tersebut.

rute jarak antara lokasi kita dengan lokasi perusahaan yang akan kita lamar

Fitur Notifikasi dan Simpan Lowongan

Di bagian awal artikel ini saya menyebutkan bahwa jika kita mendaftar menggunakan Jobstreet biasanya kita akan mendapatkan notifikasi di email kita, serta kita bisa melihat histori dan progress lamaran kita.

Dengan kita mencari lowongan kerja di Google ini kita tidak secara otomatis mendapatkannya.

Hal ini karena sebenarnya Google hanya melakukan listing terhadap lowongan-lowongan kerja yang tersebar di berbagai situs yang ada di internet.

Namun hal tersebut bisa kita dapatkan dengan menghidupkan tombol notifikasi seperti gambar di bawah ini.

jika ini dihidupkan maka kita akan menerima notiifikasi setiapkali ada pekerjaan yang sesuai dengan kata kunci pekerjaan yang kita cari

Setelah kita hidupkan notifikasinya, maka Google akan meminta kita menentukan interval waktunya kita ingin notifikasi tersebut diberikan.

Bisa secara instan, yaitu setiap ada lowongan kerja yang sesuai dengan kata kunci pencarian kita, maka Google akan langsung memberitahukan kita melalui email yang kita masukkan.

Bisa secara harian, atau mingguan seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.

menentukan jangka waktu kapan notifikasi tersebut akan dikirimkan ke email kita

Selain itu kita juga bisa menyimpan lowongan-lowongan kerja yang kita minati untuk kita lamar kemudian.

Atau bisa juga untuk mengingatkan kita lowongan mana saja yang sudah kita ajukan lamaran.

Caranya adalah dengan klik tanda pita seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

cara menyimpan lowongan kerja yang kita temukan

Setiap lowongan yang kita hidupkan tanda pitanya maka lowongan kerja tersebut akan masuk ke dalam bagian Saved seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

cara menemukan lowongan kerja yang kita simpan

Kesimpulan dan Penutup

Mencari lowongan kerja memang tidak mudah, namun dengan adanya fasilitas snippets mengenai lowongan kerja dari Google setidaknya akan sangat membantu kita.

Apalagi jika kita mengerti cara memaksimalkan penggunaan fasilitas dari Google seperti yang telah dijelaskan dalam artikel ini.

Harapan saya semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mencari dan mendapatkan lowongan kerja yang diimpikan.

Silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar, atau share artikel ini sebanyak-banyaknya di media sosial supaya bisa membantu rekan lainnya yang mungkin sedang mencari lowongan pekerjaan.

Atau mungkin berikan artikel ini kepada sanak keluarga sehingga bisa membuka kesempatan mereka mendapatkan pekerjaan bagi kehidupannya.

Jika anda ingin mendapatkan artikel-artikel berguna lainnya baik mengenai ilmu bisnis online, dunia komputer, dunia usaha, dsb, silahkan isi formulir berlangganan di bagian bawah blog ini.

Cukup dengan memasukkan email anda untuk mendapatkan notifikasi setiap kali ada artikel baru yang diterbitkan.

Cara Scan Dokumen Di HP Android Tanpa Instal Aplikasi
Membagi Memori VGA Onboard di BIOS Begini Caranya
Yuk bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan