Istilah Internet Yang Sering Kita Temukan Saat Belajar Bisnis Online

Istilah internet & Blog seringkali membingungkan bagi para blogger pemula yang sedang mempelajari mengenai cara blogging dan segala aspeknya seperti SEO, cara membuat website, dsb.

Kata-kata istilah internet yang terasa asing di pemahaman sering ditemukan pada saat melihat sebuah tutorial, baik di blog ini maupun di tempat lain.

Hal ini tentu menghambat kita untuk memahami apa yang sedang diajarkan tutorial tersebut.

Oleh karena itu melalui artikel ini saya ingin mencoba membagikan sedikit pemahaman-pemahaman mengenai istilah-istilah yang akan sering kita temui dalam perjalanan kita sebagai blogger.

Istilah Internet Untuk Blog WordPress

WORDPRESS

WordPress adalah platform CMS (Content Management System) yang banyak dipakai untuk membuat website baik berupa toko online, blog, porto folio,resume, maupun keperluan lainnya.

Terbagi menjadi 2 yaitu WordPress.com yang gratis dan WordPress.Org yang berbayar (membutuhkan hosting dan domain).

Untuk membuat website dengan WordPress seseorang tidak perlu menguasai bahasa pemrograman yang rumit.

Karena WordPress merupakan CMS yang siap pakai dan mempermudah seseorang dalam membuat website.

THEME / TEMA

Theme dalam WordPress adalah istilah blog mengenai bentuk tampilan atau tema bagi website anda.

Dalam WordPress, theme ini sudah disediakan dalam bentuk paket-paket yang bisa dengan mudah di pasang atau digantikan dengan theme lainnya.

Theme ini ada yang berbayar yang disebut dengan premium theme, namun banyak pula yang diberikan gratis.

PLUGINS

Plugin adalah sebuah alat bantu atau software yang fungsinya untuk dapat menjalankan fitur tambahan dalam sebuah website/situs.

Di dalam WordPress plugin dapat dengan mudah dipasang dan di non aktifkan, inilah yang membuat kenapa WordPress banyak diminati.

Fungsi plugins ini sendiri banyak macamnya ; ada untuk keamanan, ada untuk backup, ada untuk membuat tabel, SEO ,dsb.

Contoh Plugin adalah sebagai berikut :

istilah blog wordpress plugins

WIDGET

Widget dalam WordPress adalah sebuah blok konten yang bisa ditempatkan di situs kita sesuai dengan tema yang dipakai, baik di sidebar, footer, dan tempat lainnya.

Di dalamnya kita bisa isi dengan berbagai konten yang menjalankan bermacam-macam fungsi.

Dalam penggunaannya widget ini hampir sama seperti Plugins, namun biasanya plugin adalah tools untuk menambah fungsi dari wordpressnya yang bisa kita akses melalui dashboard WordPress.

Sedangkan widget biasanya menambah fungsi langsung pada tampilan websitenya (bisa dilihat oleh pengunjung).

Widget sendiri juga banyak yang merupakan bagian dari Plugins atau Theme.

Jadi kita harus memasang plugin atau theme tertentu untuk memunculkan widget yang bisa kita pasang di blok sidebar, atau footer kita.

Contoh Widget :

contoh widget dalam wordpress

DASHBOARD WORDPRESS

Dashboard WordPress adalah tampilan kendali untuk situs wordpress anda.

Di dalamnya memuat menu lengkap untuk mengendalikan segala aspek yang ada di wordpress anda.

Jadi bisa dikatakan dashboard wordpress adalah sebuah back office dari apa yang ditampilkan di website anda.

Di dalamnya ada menu untuk menambah artikel (pos), menambah halaman (Page), media, merubah tampilan / theme, memasang dan mencopot Plugins, Menu pengaturan/Seting, dan berbagai menu plugin yang terpasang.

SIDEBAR

Sidebar dalam WordPress adalah ruang/blok yang ada pada WordPress yang bisa diisi dengan berbagi macam widget.

Letak Sidebar ini tergantung dari tema WordPress yang digunakan, ada yang di sebelah kiri atau di sebelah kanan pada halaman situs.

Sebagai contoh untuk blog ini letak sidebar adalah di sebelah kanan halaman, yang saya isi dengan kolom pencarian, iklan channel youtube saya, dan berbagai promo lainnya.

FOOTER

Footer dalam WordPress fungsinya hampir sama dengan Sidebar, yaitu blok/ruang yang bisa diisi dengan berbagai macam widget.

Namun berbeda dengan Sidebar yang letaknya di samping, blok Footer terletak di bagian bawah halaman.

Sebagai contoh Footer untuk blog saya ini saya isi dengan post terbaru, keterangan singkat penulis, dan form berlangganan.

HEADERS

Header dalam WordPress juga adalah Blok/ruang yang bisa diisi dengan berbagai macam baik widget, menu, logo, ikon media sosial, dsb.

Letak Headers sesuai namanya adalah di bagian atas halaman.

PERMALINK

Permalink adalah istilah blog tentang URL atau alamat yang diberikan dalam sebuah situs yang biasanya terdiri dari nama domain+nama URL unik yang khusus untuk halaman tersebut.

Permalink juga bisa merupakan singkatan dari Permanent Link, yang bentuknya bisa diseting di pengaturan dashboard WordPress.

Untuk lebih jelas mengenai pengaturan permalink dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

pengaturan permalink pada wordpress

Dapat dilihat pada blog saya ini saya menggunakan pengaturan permalink “Nama Tulisan”.

Jadi misalnya untuk tulisan saya mengenai cara memperbaiki handspray yang rusak, maka url yang terbentuk adalah sebagai berikut :

https://dennychristian.com/cara-memperbaiki-hand-spray-yang-rusak/

SLUG

Slug adalah sebuah nama unik yang membentuk URL dari sebuah halaman, yang letaknya biasanya setelah nama domain.

Contoh : nama domain saya ini dennychristian.com, kemudian saya membuat artikel tentang bagaimana membuat website.

Kata “bagaimana membuat website” saya jadikan slug.

Maka URL atau permalink untuk artikel saya bisa menjadi seperti ini :
https://dennychristian.com/bagaimana-membuat-website.

GUTENBERG BLOCK

Gutenberg Block Editor adalah sebuah bentuk editing yang diterapkan WordPress untuk melakukan penulisan dalam blok-blok.

Hal ini dilakukan untuk membuat proses penulisan artikel atau pembuatan konten dalam WordPress menjadi lebih mudah dan lebih terstruktur.

Berbeda dengan Classic Editor yang dalam penulisannya serupa dengan cara kita menulis Word yaitu perhalaman, maka Gutenberg membaginya dalam blok-blok kecil.

Blok ini kemudian bisa kita isi dengan tulisan (Paragraf), Media (Gambar,Video,Photo), atau berbagai fungsi lain misalnya struktur tanya jawab yang dipakai untuk menulis artikel ini.

Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

gutenberg block editor

TAGS

Tags dalam WordPress adalah sebuah label atau kata untuk mengelompokkan konten-konten berdasarkan kemiripannya satu sama lain.

Selain itu tags juga berguna bagi robot mesin pencari atau Search Engine untuk dapat mengerti lebih dalam mengenai apa isi konten tersebut.

WOOCOMMERCE

Woocommerce adalah sebuah plugin untuk toko online atau e-commerce yang dirancang khusus untuk WordPress.

Dengan memasang plugins Woocommerce maka situs wordpress anda bisa ditambahkan dengan fungsi-fungsi toko online pada umumnya.

Seperti adanya menu tentang produk, menu untuk memonitor pesanan/penjualan, penambahan menu keranjang belanja, dsb.

Woocommerce mungkin bukan merupakan istilah blog, namun saya tambahkan disini untuk kita dapat lebih mengenal apa saja yang ditawarkan oleh WordPress.

Istilah Internet Untuk SEO Blog

Selain istilah internet untuk blog umum di atas, masih banyak istilah-istilah lainnya yang perlu kita pelajari.

Terutama berkaitan dengan istilah SEO, karena setiap blogger setidaknya harus mempelajari teknik SEO dasar agar blognya bisa mendapatkan kunjungan rutin.

Istilah internet tersebut antara lain :

SEO

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, atau secara singkat adalah sebuah langkah untuk mengoptimasi sebuah situ s agar dapat mudah ditemukan oleh mesinpencari.

istilah internet tentang gutenberg

Untuk yang mau belajar SEO secara lengkap dalam satu intisari dengan tidak ada yang ditutup-tutupi bisa baca di artikel di bawah ini ;

BACA JUGA : APA ITU SEO, LENGKAP DAN DIBUKA SEMUANYA

SERP

SERP merupakan singkatan dari Search Engine Result Page, atau hasil pencarian dari sebuah mesin pencari.

Jadi bisa dikatakan saat kita mengetikkan satu kata kunci, maka SERP adalah rangking sebuah artikel dalam halaman mesin pencari sesuai kata kunci yang kita ketikkan tersebut.

LANDING PAGE

Landing Page adalah sebuah halaman yang berisi Sales Letter, atau brosur mengenai sebuah penawaran yang menginformasikan keunggulan, harga, kesaksian , dsb dari produk tersebut dengan harapan pengunjung tertarik dan mau membeli produk tersebut.

Landing Page ini fungsi utamanya adalah sebagai penyaring antara pengunjung yang benar-benar berminat dengan pengunjung yang hanya sekedar berkunjung.

Misalkan untuk sekolah bisnis online SB1M, maka untuk dapat melihat salah satu Landing Pagenya bisa klik pada gambar di bawah ini.

Atau bisa juga dengan klik pada LINK INI

LEADS

Leads banyak dikenal dalam dunia internet marketing sebagai prospek yang ingin membeli barang atau jasa yang ditawarkan, hal itu bisa dilihat dari kesediaan orang tersebut memberikan data berupa info kontak.

Info kontak ini bisa berupa email,nomor handphone, alamat, dan sebagainya yang dibutuhkan oleh seller.

SNIPPETS

Snippets adalah hasil pencarian Google atau SERP yang bukan berbentuk standar, namun merupakan tampilan yang bisa berupa video, cuplikan kata-kata, gambar atau bahkan kolom tanya jawab yang ditampilkan bersamaan dengan hasil SERP yang lain.

Untuk lebih jelas mengenai Snippets dan bagaimana kita bisa memaksimalkan penggunaannya untuk menaikan situs kita, bisa dibaca pada artikel yang telah saya tulis sebelumnya.

BACA DISINI : JENIS-JENIS SNIPPETS DAN TRIK UNTUK SEO ANDA

BROKEN LINKS

Broken links sesuai namanya adalah sebuah link atau URL yang disisipkan dalam konten, namun halaman yang dituju tidak bisa diakses , entah karena sudah dihapus, dipindahkan, memiliki error kode di dalamnya,dsb.

Broken link ini ada bermacam-macam, dan sangat mempengaruhi SEO situs atau artikel anda.

Oleh karena itu sebaiknya selalu lakukan pemeriksaan broken link secara berkala.

Untuk melakukannya bisa dengan membaca artikel di bawah ini :

TOOL GRATIS UNTUK MEMERIKSA BROKEN LINKS DI SITUS ANDA

KEYWORDS / QUERY

Keyword adalah kata kunci yang dimasukkan orang saat ingin mencari sesuatu di mesin pencari.

Misalkan jika seseorang ingin membaca mengenai handphone keluaran terbaru di tahun ini dengan harga dibawah 2 juta, maka ia mengetikkan di mesin pencari “handphone terbaru dibawah 2 juta”.

Nah kata yang saya beri tanda kutip itulah yang disebut dengan kata kunci atau keyword.

Keyword dalam istilah SEO sering juga disebut dengan Query, yang menunjuk kepada arti yang sama.

Istilah Internet Dalam Bisnis Online

Affiliate

Affiliate Marketing atau Affiliasi Pemasaran adalah salah satu cabang bisnis online dimana kita mempromosikan sebuah produk/jasa dengan meletakkan link di dalam situs kita.

Secara kasar affiliate marketing dapat juga dikategorikan sebagai marketing di dunia internet.

Dimana penghasilannya di dapat berdasarkan komisi yang ada sesuai ketentuan.

kelebihan affiliate marketing

Untuk mempelajari mengenai Affiliate Marketing dan potensi penghasilannya, maka silahkan bisa dibaca di artikel DISINI.

Dropship

Dropship atau bisnis Dropshipper adalah sebuah cabang bisnis online dimana kita sebenarnya memasarkan produk orang lain, namun jika ada pembeli maka si penjual aslinya akan mengirimkan barang atas nama kita.

Hal ini sedikit berbeda dengan affiliate marketing.

Kalau affiliate marketing si pembeli tahu siapa penjual aslinya, sehingga jika ada komplain akan langsung ke penjual aslinya.

Sedangkan dalam dropship pembeli tidak tahu penjual aslinya, sehingga jika ada komplain mereka akan komplain kepada kita.

Antara affiliate marketing dengan dropship masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Untuk mempelajari lebih dalam mengenai Dropship dapat dibaca pada artikel DISINI.

Istilah Internet Yang Belum Termasuk Akan Diupdate Kemudian

Itulah istilah internet yang sering kita temukan pada saat kita mempelajari bisnis online.

Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut setidaknya kita akan memiliki pengertian dasar mengenai hal-hal yang telah diterangkan tersebut.

Semoga artikel ini bisa berguna buat rekan-rekan semua.

Sementara artikel ini akan saya terbitkan dengan beberapa istilah internet di atas, namun di masa mendatang apabila saya menemukan istilah internet lain yang saya anggap penting, maka akan saya tambahkan dalam artikel ini lagi.

Mencari Lowongan Kerja Dengan Google Ternyata Sangat Mudah
Siteliner Tool Untuk Memeriksa Kondisi Kesehatan Website
Yuk bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan