Fungsi dan Kegunaan Plugin Jetpack

Halo bertemu lagi dengan Denny Christian disini, dan kali ini saya ingin membahas mengenai satu aspek yang sangat penting dalam dunia bisnis online berbasis wordpress yaitu Fungsi dan Kegunaan Plugin JETPACK.

Bagi para blogger yang menggunakan platform WordPress tentu sudah tidak asing lagi dengan plugin yang satu ini.

Plugin Jetpack memang salah satu plugin penting dalam membangun website berbasis wordpress, namun masih banyak yang belum benar-benar mengerti betapa pentingnya fungsi plugin yang satu ini.

Apa itu Plugin Jetpack

Plugin Jetpack adalah sebuah plugin WordPress yang memberikan beragam fitur penting yang dibutuhkan seperti keamanan sebuah website, statistik pengunjung , mendatangkan trafik bagi website , dan berbagai tools SEO yang menjadikan sebuah plugin komprehensif yang sangat dibutuhkan bahkan bisa dikatakan wajib bagi anda yang membangun website berbasis wordpress.

Entah website toko online, blog, dll sepertinya plugin yang satu ini tidak bisa dilewatkan.

Bagaimana cara menginstall Plugin Jetpack

Cara menginstallnya cukup mudah, yaitu

  1. Login kedalam dashboard website anda
  2. Silahkan cari dan klik Tab Plugin di menu sebelah kiri dashboard anda
  3. Klik “Add New”
  4. Ketikan di kata pencarian “Jetpack” maka hasil pencarian biasanya akan menempatkan plugin jetpack ini di awal pencarian
  5. Klik “Install Now” kemudian setelah terinstall klik “Activate Plugin”
  6. Kemudian Klik tombol hijau di kanan atas yang bertuliskan “Connect to WordPress.com”
  7. Login dengan akun wordpress.com anda (akun wordpress.com ya bukan akun admin website anda), jika tidak memiliki akun wordpress.com silahkan buat.
  8. Setelah login klik “Authorize jetpack”
  9. Selesai.

Cara diatas berlaku untuk Self-Hosted (Website yang menggunakan hosting atau domain berbayar), sedangkan apabila anda menggunakan platform wordpress.com maka Jetpack biasanya sudah terinstall dalam wordpress.com anda.

Kegunaan dan Fungsi Jetpack

Plugin Jetpack ini memiliki setidaknya 30-an fungsi yang membantu website wordpress anda, namun kita tidak akan membahas semuanya.

Fungsi yang sebaiknya diaktifkan untuk plugin Jetpack ini antara lain :

1. Wordpress statistik, dengan fitur ini maka setiap kali kita masuk dashboard oleh jetpack kita akan disajikan grafik yang menunjukkan berapa pengunjung website kita, baik perhari, minggu, bulan bahkan tahun.

Bahkan bukan hanya itu dengan statistiknya Jetpack bisa memberitahukan kita, post apa yang paling banyak dibaca/populer, kemudian apakah ada click yang terjadi apabila kita pasang banner. Jetpack juga bisa menunjukkan sumber trafik kita apakah dari mesin pencari, media sosial, dll.

trafik pengunjung website jetpack

2. Photon , yaitu fitur dari Jetpack yang membuat image di website kita bisa diloading dengan cepat , dimana gambar-gambar yang ada di website kita dikonfigurasikan menggunakan CDN dari wordpress.com.

solusi mempercepat gambar web

3. Fungsi berlangganan dan komentar yang mudah. Dengan menggunakan fungsi komentar dan subscription dari Jetpack maka setiap pembaca yang ingin berkomentar akan dipermudah , bahkan untuk yang ingin berlangganan dan menjadi pembaca setia blog / website anda akan dapat dengan mudah melakukannya.

comment dan email subscription jetpack

4. Share artikel kita secara otomatis ke beberapa media sosial. Mungkin fungsi ini yang menurut saya membuat kita WAJIB menginstall plugin Jetpack yaitu dengan mengaktifkan fungsi ini dan melakukan koneksi dengan media sosial kita. Jika terkoneksi dengan benar maka setiap kita posting artikel di website kita, maka secara otomatis Jetpack akan share artikel tersebut ke Facebook, twitter, Linked in, Path, Tumblr, Google+ sehingga hal tersebut membuat trafik akan berdatangan ke website kita.

sharing medsos menggunakan jetpack

5. Fungsi Security, dengan mengaktifkan fitur keamanan maka Jetpack akan mulai memblok setiap usaha login yang tidak diinginkan , bahkan memblokir IP yang terlihat mencurigakan dan berbahaya.

6. Kita bisa memonitor Downtime, sehingga kita bisa menilai seberapa baik performa Hosting yang kita gunakan.

7. Fungsi Related Post (Artikel Terkait). Dengan menggunakan Jetpack maka akan ditampilkan artikel-artikel yang berhubungan di akhir artikel sehingga membuat pengunjung yang datang tidak kemana-kemana dan tetap stay di website kita.

Itulah beberapa kegunaan penting Plugin Jetpack, sebenarnya masih banyak sekali fungsi yang lainnya, namun biasanya orang menginstall plugin Jetpack karena alasan-alasan di atas

Mau dapat tutorial bisnis onlie gratis ? silahkan klik di sini

Aplikasi Zoom Meeting, Software Canggih Untuk Meeting Dimana Saja
Tutorial Bisnis Online Terbaik : Pemasaran Dengan Facebook
Yuk bagikan artikel ini

2 thoughts on “Fungsi dan Kegunaan Plugin Jetpack

Tinggalkan Balasan