Cara Membuat Toko Online Gratis Bagian 4 – Memasang Tema

Tidak terasa saat ini tutorial cara membuat toko online gratis ini sudah sampai ke bagian 4, bagi anda yang belum melihat bagian sebelumnya silahkan kunjungi bagian ke 3 nya disini, atau kalau mau dari awal bisa dari bagian 1 .

Baiklah jika anda mengikuti tutorial cara membuat toko online gratis ini dari awal, maka sekarang tentu anda sudah memiliki website wordpress hosted yang berdomain “http://namawebsiteanda.tk”

Namun bentuk website anda belumlah berbentuk toko online melainkan berbentuk blog biasa.

Untuk website anda berbentuk toko online seperti pada umumnya maka anda harus memasang tema toko online di wordpress anda.

Cara membuat toko online gratis – memasang theme

Langkah 1 : memasang plugin Woocommerce

Silahkan anda login ke dalam website wordpress anda dengan cara mengetikkan “namawebsiteanda.000webhost.com/wp-admin”.

Masukkan username dan password yang telah anda daftarkan.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk website kita langsung menjadi toko online tanpa harus susah-susah install plugins dan atur sana-sini.

Yaitu dengan menggunakan themes LAPAX dari Okethemes yang bisa dibeli hanya dengan sedikit modal Rp.340.000.

Tinggal install themes LAPAX, maka otomatis website kita berubah menjadi toko online, dan kita tinggal langsung memasukkan produk-produk kita saja.

Di dalamnya sudah tersedia kolom-kolom untuk foto produk, harga, harga discount, keterangan produk, dsb yang benar-benar sangat memudahkan dan menghemat waktu kita untuk membuat toko online.

Kalau mau membeli themes LAPAX bisa klik banner di bawah ini :

Lapax Theme

Saya pun menggunakan themes ini untuk toko online saya di www.dennychristian.tk untuk cara install LAPAX Themes bisa dilihat di bawah artikel ini.

Namun jika anda tetap ingin menggunakan themes yang benar-benar free maka kita harus terlebih dahulu menginstall plugins yang bernama WOOCOMMERCE.

Cara installnya adalah klik plugins kemudian klik add new dan di kolom search silahkan ketikkan woocommerce, maka akan keluar pilihan plugins seperti dibawah ini :

cara install woocommerce di wordpress

Jika sudah ditemukan, maka klik Install Now.

Tunggu sampai proses install selesai langsung klik tombol activate, selanjutnya kita akan dibawa ke setup plugins woocommerce.

Klik tombol Let’s Go, maka woocommerce akan memberitahukan bahwa pada langkah selanjutnya woocommerce akan membuat beberapa halaman di website kita yaitu halaman Shop (toko online kita), Basket (Keranjang belanja untuk customer) , Checkout (Halaman check out untuk customer melihat apa saja yang mereka beli) dan My Account (halaman akun customer).

seting halaman di woocommerce

Setelah kita klik continue maka kita ditampilkan form yang harus kita isi mengenai beberapa hal penting untuk toko online kita seperti alamat, mata uang, tanda ribuan dan tanda desimal.

Silahkan isi lokasi toko anda yang tepat apakah itu Indonesia – DKI Jakarta atau Indonesia – Jawa Barat, dsb.

Untuk mata uang anda bisa isi dengan Indonesian Rupiah (Rp)

Setelah selesai silahkan klik Continue.

Pada bagian ketiga seting woocommerce ini berkaitan dengan proses pengiriman (Shipping) toko online kita.

Disini woocommerce meminta kita memasukkan ukuran berat dan dimensi yang kita gunakan.

Kembali klik Continue jika sudah selesai, dan proses selanjutnya kita diminta memasukkan sistem pembayaran yang bisa diterima oleh toko online kita.

cara membuat toko online gratis bagian 4

Jika toko online anda bisa menerima paypal klik Paypal dan masukkan email paypl anda, jika dengan bank transfer klik pilihan BACS payment dan jika anda bersedia menerima pembayaran saat barang diantar silahkan pilih Cash On Delivery.

Setelah selesai dan kita klik Continue, maka seting plugins woocommerce SELESAI !

Namun sebenarnya seting di atas hanyalah seting sederhana untuk permulaan saja , karena kalau kita buka seting woocommerce di dalam plugins nya akan kita dapati seting yang lebih dalam dan kompleks untuk mengakomodasi kebutuhan toko online kita

Kembali jika kita tidak mau dipusingkan , maka bisa menggunakan LAPAX theme yang sudah saya sebutkan di atas yang akan sangat mempermudah proses pembuatan toko online anda.

Langkah 2 : Memasang themes online shop yang kita inginkan.

Setelah selesai memasang plugins Woocommerce maka cari menu Appearance, kemudian klik Themes (Silahkan lihat panah merah pada gambar di bawah)

tema wordpress

Setelah kita klik menu Themes di atas maka kita akan dibawa pada menu themes, yang biasanya berisi beberapa themes bawaan default dari WordPressnya.

Tapi karena kita ingin membuat toko online, maka silahkan klik Add New di kiri atas.

Setelah klik add new, maka di kotak search / pencarian anda bisa ketikkan kata “shop” , maka WordPress akan menampilkan beberapa theme toko online yang bisa anda gunakan.

Di antaranya ada theme shopping , shopisle, purely shopping dsb seperti gambar di bawah ini :

cara membuat toko online gratis berbasis wordpress

Silahkan anda pilih themes toko online yang anda sukai lalu klik Install dan setelah selesai klik Activate maka proses pembuatan toko online gratis anda sudah selesai.

Langkah 3 : Menjadikan halaman shop kita sebagai halaman utama

Ada satu langkah penting agar toko online kita terlihat dengan tampilan layaknya sebuah toko online, yaitu pada saat seseorang membuka alamat website kita maka akan disajikan tampilan etalase produk kita dan bukannya tampilan blog wordpress pada umumnya.

Hal itu bisa dilakukan dengan manjadikan halaman shop yang sudah dibuat oleh woocommerce sebagai halaman depan/utama kita.

Caranya adalah cari menu appearance di dashboard kita kemudian klik customize (lihat panah merah pada gambar di bawah)

cara mudah membuat toko online gratis

Setelah kita klik maka kita akan masuk pada menu seting themes yang kita gunakan. Cari menu Static Front Page (lihat panah pada gambar di bawah), by the way saya menggunakan themes E-Commerce pada tutorial ini.

cara membuat toko online

Klik pilihan Static Front Page tersebut, kemudian pada pilihan selanjutnya maka kita pilih untuk halaman utama kita adalah a static  page (lihat tanda panah paling atas pada gambar di bawah)

tutorial internet marketing terbaik

Kemudian pada pilihan Front Page dari menu drop downnya silahkan pilih halaman Shop anda.

Sampai disini sebenarnya toko online anda benar-benar sudah selesai, hanya saja karena produk anda masih kosong (belum dimasukkan) maka tampilannya masih kosong.

Pada bagian ke 5 nanti kita akan lanjutkan bagaimana cara memasukkan produk pada toko online anda ini.

Kelemahan menggunakan plugins Woocommerce

Plugins woocommerce saat ini merupakan salah satu plugins yang begitu banyak dipakai oleh toko online yang berbasis WordPress, jika tidak mau dikatakan yang paling populer.

Namun dulu sewaktu saya gunakan saya menemukan ada kesulitan-kesulitan yang cukup membuat repot.

Salah satu kelemahan yang saya rasakan pada saat menggunakan plugins woocommerce ini adalah pada saat setting ongkos kirim (Shipping Methods).

Karena plugins Woocommerce ini merupakan plugins buatan ‘orang bule’ maka mereka tidak mengerti etode shipping di Indonesia, sehingga seringkali saya kesulitan dalam melakukan seting ongkos kirim.

Padahal seperti kita tahu ongkos kirim merupakan salah satu komponen yang vital dalam sebuah toko online.

Oleh karenanya seperti sudah saya jelaskan di atas sebelumnya, saya saat ini lebih suka menggunakan sebuah themes buatan Anak Bangsa, yaitu LAPAX theme.

Hanya dengan sekali membeli themes ini, maka saya merasa sangat dimudahkan dalam banyak hal diantaranya :

  1. Saya tidak perlu menginstall plugins woocommerce, begitu install themes langsung jadi sehingga menghemat waktu untuk seting sana-sini.
  2. Bentuk Themesnya yang menurut saya sangat keren, SEO friendly, dan itu sudah langsung kita dapatkan tanpa harus susah payah desain apapun.
  3. Pilihan-pilihan feature yang tersedia sangat Indonesia banget, karena memang ditujukan untuk toko online di Indonesia.
  4. Tersedia fasilitas Ongkir yang terintegrasi dengan Raja Ongkir dan sangat mudah memasang plugins ongkir berbayar.
  5. Cukup membayar sekali sebesar Rp.340.000, maka kita bisa memasangnya pada berapapun toko online yang kita miliki.hemat banget khan ?

Dan masih banyak lagi kemudahan yang saya rasakan.

Jadi atas dasar tersebut maka sekarang saya menggunakan theme LAPAX ini untuk semua toko online saya.

Cara memasang Theme LAPAX di toko online kita

Silahkan anda order LAPAX Themes melalui banner di bawah ini

Lapax Theme

Setelah anda melakukan pembayaran dan mendapatkan konfirmasi , silahkan login ke oketheme.com di bagian member area.

Maka kita akan menemukan themes yang kita beli.

Download themes tersebut dalam bentuk Zip file ke dalam komputer kita.

kursus internet marketing terbaik

Setelah file tersimpan di komputer kita, silahkan login kembali ke website toko online anda di namawebsiteanda.000webhostapp.com/wp-admin , kemudian masukkan user name dan password anda.

Kemudian setelah masuk dashboard toko online anda jika anda sebelumnya telah install plugins woocommerce silahkan deactivate seluruhnya kemudian delete.

Jika sudah selesai anda cari menu appearance dan klik pilihan themes (lihat gambar di bawah, perhatikan juga themes LAPAX sudah terdownload dan siap diinstall)

themes toko online yang seo friendly

Setelah kita klik Themes maka anda akan disajikan pilihan themes yang telah terinstall di website anda.

Silahkan klik pilihan Add New di pojok kiri atas.

Kemudian pada pilihan selanjutnya klik pilihan Upload Themes di pojok kiri atas (lihat gambar di bawah)

cara membuat toko online gratis

Langkah selanjutnya adalah kita klik choose file, kemudian arahkan ke tempat file zip LAPAX tadi berada di komputer kita (biasanya di folder download).

Atau bisa juga dengan menarik file LAPAX di bawah browser kita ke kotak tempat tombol choose file tadi berada.

Setelah itu klik Install Now, tunggu sampai proses selesai kemudian klik Activate (lihat gambar di bawah)

cara membuat toko online gratis

Maka proses anda sudah selesai.

NOTE : Untuk yang mengalami error saat install LAPAX Themes di 000webhost.com maka Ioncubeloader anda belum terpasang dengan benar.

Yuk dibaca juga

Seorang anak muda memasang pisau cukur pada fidget spinnernya, yang terjadi berikutnya sungguh mengerikan

Virus Petya penerus wannacry mulai mengamuk, hati-hati !

Cristiano Ronaldo menyamar sebagai gelandangan yang jago bermain bola, lucu juga

Mengukur kecepatan Website Dengan GTMetrix
Cara Membuat Toko Online Gratis Bagian 3 - Menghubungkan Hosting & Domain Gratisan
Yuk bagikan artikel ini

3 thoughts on “Cara Membuat Toko Online Gratis Bagian 4 – Memasang Tema

    1. ini saya ambil dari Internet juga, mungkin bisa dicoba

      Installing IonCube for cPanel/WHM/Webmail :
      1. On the left hand side click the ‘Tweak Settings’ link.
      2. Click the PHP tab on the right hand side.
      3. Find the configurable option labeled ‘cPanel PHP loader’ and check the ioncube checkbox.
      4. Click Save.

Tinggalkan Balasan