Bahaya Fidget Spinner Bagi Anak Yang Harus Diketahui

Bahaya fidget spinner bagi anak ini harus diketahui oleh orang tua ataupun remaja yang kadang suka bereksperimen demi mencapai kepuasan tertentu.

Fidget Spinner memang sedang menjadi mainan kekinian yang sedang trend dimana-mana termasuk Indonesia.

Banyak orang mulai mencari mengenai cara memainkan fidget spinner yang paling keren, sedangkan orang tua dan guru yang mulai melihat mainan ini semakin digandrungi kalangan anak dan remaja mulai mencari tahu apa kegunaan fidget spinner ini.

Namun satu hal yang tidak disadari, bahwa ternyata mainan inipun memiliki potensi bahaya yang harus diketahui sehingga kita bisa berhati-hati saat memainkannya.

Bahaya fidget spinner bagi anak

Berikut ini adalah kejadian-kejadian yang sudah terjadi di berbagai negara akibat kelalaian dalam memainkan fidget spinner ini.

Bagian fidget spinner yang tertelan dalam kerongkongan

Hal ini terjadi pada seorang anak perempuan di negara bagian Texas, Amerika Serikat.

Diceritakan oleh Kelly Rose Joniec bahwa pada saat kejadian di hari Sabtu pagi ibu ini sedang mengendarai mobil bersama anak perempuannya Britton untuk pulang sehabis berenang.

roller fidget spinner terlepas

Si ibu sedang memegang kemudi sementara anak perempuannya sedang memainkan spinner di bangku belakang mobil.

Tak berapa lama Kelly mendengar Britton seperti tersedak sesuatu , dan saat ia melihat ke belakang melalui kaca tengah mobil ia mengatakan bahwa saat itu anaknya ini seperti mengalami kesulitan bernafas.

Wajah Britton mulai memerah dan air liur keluar terus menerus dari mulutnya dan hanya mengeluarkan suara-suara erangan.

Kelly segera menepikan mobilnya untuk melihat apa yang sedang terjadi, dan melihat Britton menunjuk-nunjuk tenggorokannya tanda bahwa dia sedang tersedak.

Kelly langsung mengangkat Britton dan melakukan prosedur Heimlich manuver  namun sepertinya tidak banyak menolong.

Dengan panik Kelly langsung meminta pertolongan ambulans dan mereka segera dibawa ke RS anak di Texas.

hasil rontgen menunjukkan posisi roller di tenggorokan

Dokter yang menangani pun sangat terkejut dengan apa yang terjadi, dia mendapati bahwa Britton menelan salah satu bagian dari fidget spinnernya.

Bagian itu yang berbentuk seperti roda , masuk sampai ke bagian esophagus di tenggorokannya.

Setelah beberapa percobaan yang gagal, mau tidak mau Britton harus menjalani operasi untuk mengeluarkan roda spinner tersebut dari dalam kerongkongannya.

Dokter yang menangani mengatakan bahwa ia baru saja mengetahui mengenai fidget spinner saat pagi itu berjalan ke mall bersama anaknya.

Namun kemudian beberapa jam sesudahnya harus menghadapi kejadian mengerikan seperti ini, untuk itu dokter itu mengatakan bahwa orang tua harus saling memberi tahukan bahaya dan kemungkinan ini pada anak-anak yang memainkan fidget spinner.

Roda spinner ini gampang sekali lepas menjadi bagian yang lebih kecil sehingga mudah tertelan.

Kenapa Britton bisa menelannya? Menurut keterangannya saat itu ia sedang membersihkan spinner tersebut dengan mulutnya saat tiba-tiba bagian tersebut lepas dan masuk dalam kerongkongannya.

bahaya fidget spinner bagi anak
Punya teman/keluarga yang anaknya memainkan spinner ini? Share artikel ini untuk memberitahu mereka akan bahayanya.


Tombol share ada di bagian paling bawah artikel ini.

Bagian tajam spinner bisa melukai bagian tubuh kita

Bahaya fidget spinner bagi anak berikutnya adalah banyak spinner yang didesain dengan model yang mempuyai bagian-bagian tajam, seperti misalnya model Shuriken.

shuriken spinner dengan ujung tajam

Ada juga model dengan roda gerigi di ujung-ujungnya.

Jika dilihat sepintas seperti mainan biasa, namun jika dalam putaran kecepatan tinggi maka ujung-ujung yang tajam ini bisa menjadi berbahaya.

Ujungnya bisa berpotensi memotong bagian tubuh kita.

Salah satu kejadian mengerikan terjadi di daerah Calgary Canada, dimana seorang anak muda bereksperimen dengan memodifikasi spinnernya.

Anak muda ini mengikatkan pisau silet ke bagian ujung spinnernya.

modifikasi spinner dengan pisau cukur
spinner yang dimodifikasi oleh seorang youtuber dengan pisau cukur diujungnya

Diceritakan oleh ibunya anaknya tersebut memesan beberapa fidget spinnernya melalui online, dan malam itu tanpa sepengetahuan orang tuanya anak muda ini ingin membuat sebuah ‘battle spinner’ untuk dipamerkan kepada teman-temannya.

Ia kemudian mengambil pisau cukur ayahnya, kemudian mengikatkan pisau cukur tersebut ke ujung spinnernya.

Setelah puas bermain-main entah mengapa kemudian ia mempunyai sebuah ide iseng, yaitu ia ingin mencoba apakah battle spinnernya itu bisa mencukur *maaf* bulu kemaluannya.

Oleh karena itu ia penasaran dan kemudian memutarnya dalam kecepatan tinggi, namun dalam prosesnya spinner itu hilang keseimbangan di tangannya dan terlepas.

Malam itu sang ibu dikagetkan akan jeritan anaknya yang berteriak-teriak kesakitan.

Dengan panik ibu ini langsung lari ke sumber suara tersebut mengira bahwa anaknya sedang diserang sesuatu, namun apa yang disaksikannya kemudian sungguh diluar dugaannya.

Ibu ini menyaksikan darah berceceran dimana-mana, sementara anaknya sedang menjerit-jerit sambil memegang selangkangannya.

Anaknya tersebut dengan muka sangat ketakutan mengatakan bahwa ia baru saja memotong *maaf* kemaluannya.

Akhirnya dengan segera ibu ini menelpon paramedis, yang kemudian membawa mereka ke rumah sakit , sementara kemaluannya diletakkan dalam kantong plastik berisi es batu.

Namun karena kerusakannya sudah sangat parah, maka dokter yang menangani mengatakan bahwa dengan sangat menyesal mereka tidak dapat menyambung kembali alat genital anak muda tersebut.

Dengan kejadian ini pemerintah Kanada mengeluarkan peringatan bahwa setiap produsen spinner harus mencantumkan peringatan bahaya dan himbauan keselamatan dalam kotak penjualannya.

Bahaya bagi mata jika terkena putaran spinner

Kejadian ini juga bisa terjadi bagi para pemain spinner.

Ada satu gaya yang cukup populer yang juga disukai oleh pemain spinner , yaitu gaya memutar spinner tersebut di ujung hidung.

Hal ini sebenarnya berbahaya, karena spinner seringkali hilang keseimbangan dan kemudian bergerak tidak terkendali.

Jika spinner yang sedang dalam kecepatan putaran tinggi kemudian terlempar dan mengenai mata maka kejadin ini bisa mengakibatkan kerusakan serius pada mata.

nose style spinner
Seorang youtuber memainkan spinner di hidungnya

Juga ada gaya yang melempar spinner dari tangan untuk kemudian ditaruh di ujung topi.

Hal inipun juga beresiko apabila lemparan tersebut gagal, dan malah mengarah ke mata sementara spinner masih berputar dengan kecepatan tinggi, maka hal itu juga beresiko melukai mata.

Itulah beberapa bahaya fidget spinner bagi anak, masih banyak kejadian-kejadian aneh akibat bahaya bermain spinner ini seperti jari yang tersangkut, bahkan yang paling aneh juga ada spinner yang digunakan tidak semestinya mengakibatkan luka yang cukup serius (dalam sebuah berita diceritakan bahwa spinner yang digunakan sebagai alat bantu seks, kemudian tersangkut di *maaf* bokong cukup dalam, hingga harus dioperasi besar untuk mengeluarkannya).

Hal ini bukan berarti kita harus melarang anak-anak bermain spinner, seperti juga permainan apapun kita harus bijaksana dan berhati-hati saat memainkannya.

Silahkan share bahaya fidget spinner bagi anak ini untuk yang lain juga bisa waspada.

Yuk baca juga :

Ingin mencari paket data unlimited untuk smartphone ? Ini perbandingannya

Virus Petya sedang meraja lela, pastikan data anda aman, ikuti tipsnya

Cristiano Ronaldo menyamar jadi gelandangan, saat dibuka…

Tarif Grab, Tarif Uber dan Tarif Taksi Online Naik, Waduh Ternyata Dibaliknya Seperti Ini
Perbandingan Paket Data Unlimited Operator Indonesia
Yuk bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan